Senin, 27 Agustus 2012

You are here : Home » TAMPILAN BODY, TEMPLATE, TRIK NGE-POST » Tips Pintar Mengedit Template

Tips Pintar Mengedit Template

Sudah menjadi kepastian bahwa sesama blogger itu saling belajar dan saling memberikan informasi satu sama lain. Si A mencari panduan di blog si B. Dan si B juga mencari panduan di blog si A.

edit template

Nah, terkadang keinginan hati itu 'kan selalu berubah-ubah. Hari ini kita senang dengan template yang telah di edit. Sementara di kemudian hari kita ingin menghapus script-script yang sempat kita tanamkan untuk di ganti dengan style yang lebih baru lagi.

Agar tidak terjadi kebingungan dalam mencari script-script yang dulu kita tanamkan itu (karena kode di template tentu sangat banyak), maka berikut ini tips sederhana yang harus Agan simak.

1. Biasakan dari dini, ketika ingin menambahkan suatu kode Agan baiknya memberikan tanda berikut di awal permulaan kode dan di akhir kode.

/* Berikan judul kode disini */
rangkaian kode
rangkaian kode
/* Ini Batas Akhir Kode */

Contohnya seperti ini, lihat baik-baik.

/* Slide Customer Service */
rangkaian kode
rangkaian kode
/* END Slide Customer Service */

Contoh di atas adalah tanda ketika saya hendak membuat script Admin Peduli pada blog Ketagihan Baca. Lihat widget melayang di sisi kiri atas.

Jadi, dengan demikian apabila suatu hari Agan ingin membuang kode itu, tinggal mengingat dan mencari judul kode nya saja.

2. Biasakan menyimpan alamat link blog orang.

Apabila Agan hendak memasukkan script yang di dapat dari blogger lain, sebaiknya Agan membuat satu draft khusus yang berisikan link-link blog orang lain tadi.

Jadi, apabila Agan kelak ingin merubah kode tersebut tinggal membaca panduannya lagi dengan mencari alamat link yang punya trik tersebut. Jadi tidak perlu repot telusur dari Google.

3. Buatlah blog baru sebagai kelinci percobaan.

Misalkan blog Agan selalu di kunjungi banyak orang, dan di waktu bersamaan Agan hendak merubah suatu elemen template. Pastinya sangat repot apabila kita hanya mengandalkan "klik Pratinjau". Sebelum di simpan, klik Pratinjau, sebelum di Simpan klik Pratinjau. Repot sekali.

Maka, buatlah satu blog baru khusus untuk mengotak atik template. Jadi apabila terjadi kesalahan, pengunjung tidak di kecewakan.

Sangat lucu apabila seseorang lagi asyik membaca, tiba-tiba...

"Nah lho kenapa neh blog ?? 
Kok jadi begini tampilannya ?" 

4. Biasakan juga untuk mengunduh template.

5. Biasakan juga untuk mengkompres kode template secara manual.

Khusus tips no.5 nanti kita bahas di lain kesempatan. Selamat mencoba.

2 komentar: