Selasa, 07 Agustus 2012

You are here : Home » ALEXA, DAFTARKAN BLOG KE MESIN PENCARI, Rahasia » Lebih Penting Mana Alexa Rank Atau Page Rank ??

Lebih Penting Mana Alexa Rank Atau Page Rank ??

Apa itu Page Rank ??

Page Rank (biasa disingkat PR) itu adalah peringkat Google. Di hitung dengan skala 1- 10. Blog yang memiliki PR 3 lebih tinggi di banding blog yang ber PR 2, begitu seterusnya sampai maksimal 10.


Namun untuk hasil pencarian berdasarkan keyword tertentu, urutan teratasnya tidak selalu di tempati oleh blog yang ber PR tinggi. Bisa saja di kuasai oleh blog yang ber PR kecil. Tergantung jumlah pengunjung yang menuju ke arah artikel dengan kata kunci yang sama.

Secara umum, blog yang ber PR tinggi memang tetap lebih di segani. Sebab, backlink yang di hasilkan dari blog berPR tinggi akan membuat blog yang di kunjungi menjadi baik di mata Google. Seperti halnya kita apabila di kunjungi "orang terpandang" maka kita pun juga menjadi "terpandang".

Maka jangan heran banyak blogger newbie yang bertamu ke blog-blog ber PR tinggi, mereka sengaja meninggalkan komentar dengan harapan akan mendapat kunjungan balik.

Untuk mendapatkan PR ini sangat susah ketimbang mendapatkan Alexa Rank (sebentar lagi kita bahas). Karena peringkat PR bukan di tentukan dari banyak nya jumlah pengunjung.

Ada blog yang jumlah pengunjungnya 6000 perhari, tetapi PR nya masih saja 1 atau 2. Sementara ada blog yang pengunjungnya tidak sebanyak itu tetapi PR nya 4-5.

Jangan berharap blog kita bisa mendapatkan PR 6 ke atas, untuk mendapatkan PR 2-3 saja susahnya minta ampun. Situs-situs ternama pun "mentoknya" PR 7. Seperti situs kompas.com. Forum Kaskus saja PR nya 5 (sampai tulisan ini di muat) padahal peringkat Alexa Kaskus lebih bagus dari Kompas.com.

Jadi, kalau Agan nyasar ke sebuah blog ber PR 3-4 itu artinya Agan sudah cukup sangat beruntung karena Agan bertemu dengan blogger terpandang di mata Google, (di mata Google ya, bukan di mata Tuhan).

Para blogger sesepuh pun tidak tahu pasti bagaimana rumus Google dalam menghitung PR sebuah blog/situs. Mereka hanya menebak-nebak. Seperti faktor brokenlink, backlink, outbound link, meta tag.

Tetapi menurut yang saya lihat (analisa pribadi), Google memberikan PR tinggi dengan cara melihat umur blog kita, serta kemurnian postingan. Umur blog yang lebih tua di tambah rajin memposting artikel murni (bukan copy paste) akan menghasilkan PR tinggi.

Pernah saya lihat sebuah blog milik blogger senior, isinya padahal hanya curhatan keseharian hidup yang "tidak penting" tetapi PR nya mencapai 4-5 !!! Aneh bukan ?? Ya begitulah, Google ternyata menghargai karya seseorang meski hanya curhatan (asal bukan Copasan).

Apa itu Alexa Rank ??

Alexa Rank (biasa di singkat AR) adalah peringkat Alexa. Alexa ini adalah sebuah perusahaan yang memonitori seluruh situs dan blog di dunia berdasarkan jumlah pengunjungnya (tidak perduli isinya bermanfaat atau tidak).

Pemberian nilai rangking Alexa berbeda dengan Page Rank, jika di Google, angka 1 adalah yang terendah. Maka di Alexa angka 1 adalah yang tertinggi.

Alexa Rank untuk sebuah situs/blog baru biasanya 8 digit alias masih puluhan juta. Apabila situs/blog baru tersebut AR nya berkurang (semakin langsing) menjadi 7 digit itu sudah sangat bagus. 

Dan sementok-mentoknya blog dengan kunjungan membludak (1000-an orang per on line) hanyalah sampai 5 digit. Contohnya blog yang terkenal dengan copy pastenya yaitu terselubung.blogspot.com dia mentok dengan Alexa Rank 20.000-an.

Jadi, untuk melangsingkan rangking Alexa (dari 8 digit ke 6 atau 5 digit) itu terbilang tidak sesulit mendapatkan Page Rank. Agan cukup ikuti saja cara terselubung.blogspot.com. Copy paste sebanyak-banyaknya maka blog Agan akan mendapatkan Alexa Rank yang semakin langsing.

Jadi cukup jelas, seperti inilah perbedaan PR dengan AR.

Page Rank => memberikan nilai berdasarkan umur blog + banyaknya postingan murni + jumlah pengunjung normal.

Alexa Rank => memberikan nilai dari banyaknya jumlah pengunjung (tidak peduli isinya konten porno/hujatan/copasan/penipuan).

Itu saja yang bisa saya sharing di sini, mungkin sebagian dari Agan punya pengamatan berbeda, silahkan di tambahkan melalui kotak komentar. Indahnya bertukar pengalaman.

15 komentar:

  1. terima kasih gan pengalamannya.

    BalasHapus
  2. pusing gan... masih newbie

    BalasHapus
  3. kalo postingannya hasil copas tapi menyertakan sumber nya ? gpp ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa" gan. Tetapi alangkah lebih baik, 50% isi penyajian nya kita edit lagi dengan style kita.

      Tapi kalo memang blog AGan konsepnya seperti katakanlah terselubung.blogspot.com ya 100 % sama pun tidak apa".

      Hapus
  4. thx gan
    http://slowlily.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. nice sharing gan.
    Moggo komentar di blogku pr2

    BalasHapus
  6. punya agan alexanya dah 800 ribuan aja dah lumayan.ane masi jutaan..hehe

    kalau buat dijual lebih penting mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung pembelinya gan. Kalo pembelinya mengutamakan jumlah visitor, maka yg di lihat Alexa Ranknya ketimbang Page Rank.

      Tapi kalo pembelinya mengutamakan backlink, maka yg di lihat Page Ranknya.

      Hapus
  7. alexa klo menurut ane gan :)

    main ke blog ane yuk gan :D

    Kontes Seo 15 juta

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya, tambah wawasan seputar AR dan PR

    BalasHapus
  9. bagaimana memunculkan PR blog,,,blog sya belum ada PR nya gan :(
    ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  10. thanks infonya sangat bermanfaat,, lantas gimana carranya biar PR blog cepat muncul ya?

    BalasHapus