Selasa, 26 Juni 2012

You are here : Home » UNTUK PEMULA » Mengenal Bagian-Bagian Blog

Mengenal Bagian-Bagian Blog

Sama kayak tubuh manusia, blog pun juga memiliki bagian-bagiannya. Yuk kita mengenal bagian-bagian blog.

Navbar

Apa itu Navbar? Navbar itu singkatan dari Navigation Bar. Posisinya berada paling atas di halaman tampilan blog. Ia merupakan fitur bawaan dari Blogspot. Navbar memiliki 2 menu.

Fitur sebelah kiri.

1. Sebagai fitur mesin pencari suatu artikel di blog tersebut.
2. Sebagai fitur untuk mencari blog milik blogspot.com lainnya.

Fitur sebelah kanan.

1. Sebagai fitur jalan pintas menuju halaman Entri Baru atau Edit Entri.
2. Sebagai fitur jalan pintas menuju halaman DASBOR.
3. Sebagai fitur jalan pintas untuk SIGN OUT.

Namun di karenakan kurang sedap di pandang dan mengganggu penampilan blog, maka banyak para blogger yang akhirnya menyembunyikan NAVBAR blog milik mereka. Cara menyembunyikannya baca di sini.

Header

Header terletak di bawah Navbar. Yaitu bagian yang umumnya dijadikan sebagai tempat JUDUL suatu blog. Pada elemen ini Agan bisa menambahkan image agar tampilan keseluruhan blog menjadi lebih kinclong Dan untuk cara menambahkannya Agan bisa baca disini.

Body

Yaitu bagian area postingan. Bagian ini vital untuk menjadi suatu penilaian dari pembaca blog. Ukuran huruf yang terlalu kecil/besar akan sangat sulit terbaca oleh pembaca. Begitu juga dengan jenis warna huruf dan warna background, haruslah seimbang jangan menyilaukan apalagi berantakan.

Side Bar

Sesuai artinya, Side Bar terletak pada bagian sisi sebelah blog. Fungsinya sebagai tempat untuk menambahkan beragam aksesoris widget atau gadget. Untuk cara menambahkan widget/gadget Agan bisa baca di sini. Atau ingin membuat background di side bar ? baca di sini.

Agan bisa mengatur side bar apakah hanya mau sebagian saja (kanan saja / kiri saja) atau memiliki keduanya (kanan dan kiri). 

Atau bahkan tidak mau pakai side bar? Bisa. Caranya masuk ke Template, pilih "Ubah Sesuaikan".

Footer

Footer adalah bagian yang posisinya terletak paling bawah halaman blog.

*****************

Untuk mengatur susunan tata letak bagian-bagian blog, Agan masuk ke Tata Letak.

Cukup jelas ya? Happy blogging.

5 komentar:

  1. terima kasih atas informasi nya yang membuat ku menjadi paham apa itu bagian2 blog :D

    BalasHapus
  2. kalo yang diatas itu (beranda-JS free 1-youtube-JS free 2-Link-Banner-dll) namanya apa? dan cara buatnya gimana?

    BalasHapus
  3. thanks artikelnya, jangan lupa kunbalnya di http://cyberandrofat.blogspot.com

    BalasHapus
  4. mksh bnget ya artikelnya
    bantu bnget buat ulangan
    hehe
    ;)

    BalasHapus
  5. mksh bnget ya artikelnya
    bantu bnget buat ulangan
    hehe
    ;)

    BalasHapus